Perhatikan Hal Ini Agar Anda Tak "Tertipu" AXA Mandiri

Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, dan ingin membaca tulisan saya yang lain silahkan mampir pada link di bawah ini ya

https://www.kompasiana.com/tokapelawi



kalian akan menemukan artikel bermanfaat lain tentang dunia kerja dan hal-hal lain yang mungkin kalian rasa berguna...terimakasih.
---------------------------------------------------------------
Jika kalian malas membaca artikel ini dan ingin langsung mendapatkan jawaban atas pertanyaan kalian, silahkan tulis komentar pada video di channel youtube saya, juga jangan lupa like dan disubscribe ya.


Mungkin beberapa diantara kita pernah masuk ke BANK Mandiri.Atau mungkin sistem penggajian kita pakai rekening Mandiri.Atau bisa jadi kita pernah datang ke BANK Mandiri untuk bikin rekening.

Saat bikin rekening biasanya securitynya akan nanya-nanya dulu apakah data kita lengkap untuk bikin rekening (Misalnya KTP dan NPWP)


Kalo sudah lengkap kita akan diarahkan untuk mengisi form pembuatan rekening.Oleh bapak security biasanya kita akan diarahkan untuk duduk disebuah kursi dengan sebuah meja.


Waspadalah, itu bukan meja Costumer Service (CS) !!!



Itu meja Financial Advisor (FA) AXA Mandiri!!!


Nah di BANK Mandiri itu semua personil, mulai dari CS, teller, hingga security semua itu dituntut jualan.Alias dikasih target buat ngasih referal.


Jadi jualannya itu dengan ngasih referal (Lead) ke FA AXA Mandiri.



Banyak nasabah baru yang terjebak disini..


Saat kita mengisi form pembuatan rekening baru, FA yang kita sangka CS tuh bakal nanya ini itu.Sambil sok ramah ngedekatin kita gitulah..


"Rekeningnya buat tabungan ya bu?"


"Anaknya berapa bu?"

"Masih kecil yahh.."

Kebanyakan nasabah akan menjawab dengan polosnya,"Iya buat tabungan.."


Kebanyakan nasabah berpikir bahwa punya rekening itu sama dengan menabung.


Saat nasabah menjawab,"Ya rekeningnya untuk tabungan"


Disinilah kesempatan FA dari AXA Mandiri untuk menawarkan produknya.Apalagi kalo pada obrolan sebelumnya nasabah bercerita kalo dia memang punya anak yang masih kecil.


FA akan segera menawarkan produk dana pendidikan.


Sebelum lebih jauh, saya mau jelasin dikit kalo produk yang ditawarkan oleh sang FA (atau bahkan CS, karena biasanya banyak juga CS Mandiri yang pandai berjualan, karena mereka juga dapat fee dari setiap produk AXA Mandiri yang mereka jual) bukanlah produk tipu-tipu.Dan memang produknya bagus.


Silahkan baca tulisan saya yang lain seputar AXA Mandiri biar paham..


Tapi kebanyakan FA atau CS menyamarkan produknya atau membahasakan dengan lain saat menjual produk AXA Mandiri.


Coba perhatikan gambar di bawah ini



Produk dari AXA Mandiri kurang tepat kalo disebut tabungan, karena kalo tabungan sifatnya tetap, bahkan bertambah dengan asumsi bunga sekian persen.

Kalo produk AXA Mandiri entah itu disebut tabungan pendidikan atau tabungan hari tua oleh FA nya, itu bukanlah tabungan.Lebih tepatnya disebut investasi!


Alasannya karena nilai tunainya tidak dapat dipastikan.Bahkan jika sedang turun uang yang kita sudah simpan jumlahnya bisa di bawah nominal yang seharusnya..


Tabungan cocok untuk jangka pendek, sedangkan investasi cocoknya untuk jangka panjang.Karena investasi menjanjikan pengembalian yang jauh lebih besar bagi nasabah.Tapi ya itu. jangkanya lebih lama,misal sepuluh atau sekurang-kurangnya di atas tujuh tahun..


Coba lihat foto ilustrasi di atas yang sudah saya kasih tanda..



Banyak banget nasabah yang tertipu soal ini, gak benar kalo selama nyimpan lima tahun uangnya sudah bisa diambil.Bisa sih bisa, tapi belum untung, masih rugi karena ada yang namanya alokasi akuisisi untuk membentuk Uang Pertanggungan.


Lihat gambar di bawah ini:

Jadi selama lima tahun pertama pasti belum untung.Makanya produk AXA Mandiri itu untuk jangka panjang atau menengah.Pernah ada nasabah yang nyimpan, rutin nabung selama lima belas tahun, keuntungannya sudah lebih dari seratus persen.


Produk AXA Mandiri itu bagus.Asal tepat sasaran dan sabar.


Cek juga Manfaat yang didapat apa saja.Kadang orang beli produk AXA Mandiri, tujuannya investasi tapi sama FA nya ditambahin perlindungan kesehatan, kecelakaan dll.


Masalahnya, kalo manfaatnya dibanyakin, nilai investasinya akan lama berkembangnya.Karena kebanyakan proteksinya.Padahal kita gak butuh atau sudah punya di tempat lain..


Fokuslah saat berbicara dengan personil di dalam BANK Mandiri, atau BANK apapun.Mereka itu terlatih untuk berkomunikasi, mereka bukan amatiran.Kita bisa kayak "terhipnotis" dengerin mereka ngomong sampe bisa mangut-mangut doang..


Saya pernah ngalamin gitu..


Saya nawarin produk AXA Mandiri ke nasabah.Dianya mau ikutan.Tapi pas ada kekurangan dokumen dan saya nelepon dia,eh dia malah nanya ulang kemarin dia ikutan apa karena katanya kemarin dia cuman "iya iya aja"


Ngeselinkan!!!


Kalo niatnya jangka pendek, ikutanlah Tabungan Rencana Mandiri (TRM).Atau reksa dana murni yang gak ada proteksi jiwanya...Jadi di bawah lima tahun pun sudah bisa untung.


Jadi kita harus teliti.Jangan "iya iya iya" pas rekening kita sudah didebet berkali-kali baru kita komplen.


Ada lagi nih, yang patut diwaspadai.Dia ini telemarketing dari AXA Mandiri.Tapi beda manajemen sama kita yang stay di cabang BANK Mandiri..


Kalo telemarketing ini jualannya agak jorok!


Banyak nasabah gak merasa ikutan tapi rekeningnya sudah didebet berkali-kali.



Saya pernah ngadepin nasabah yang marah sampai mau bunuh tuh telemarketing karena merasa ditipu.Ada lagi yang didebetnya dari rekening tabungan rencana mandirinya.Padahal dia kan niatnya ikutan tabungan rencana mandiri buat nabung, eh malah didebet sama AXA Mandiri..


Kuncinya pas ada telemarketing nawarin ini itu dan kita disuruh jawab iya iya saja, mending matiin teleponnya atau ya tegasin kalo kalian emang gak perlu produk tersebut.


Karena kalo kita ngejawab iya iya iya, artinya kita setuju untuk ikutan.Banyak nasabah kecele.Wajar sih, lagi sibuk, lagi di jalan, tiba-tiba ditelepon dijelasin ini itu, ya biar cepet beres yang namanya orangkan iya iya saja.Benerkan?


Taunya pas jawab iya-iya, kita sudah dianggap ikutan asuransi dan rekening kita didebet tiap bulan.


Saya juga suka kesel sama yang namanya telemarketing ini.Kesel bangetlah kalo menurut saya.Cari uang sampe segitunya.Produknya sih bagus, tapi cara jualannya ituloh kampret banget..haha


Makanya tetap waspada guys!!!


Be smart!!!


Berapa gaji financial advisor di perusahaan asuransi? Atau ada hal lain yang ingin ditanyakan? Subscribe, like dan komen di channel youtube saya nanti saya jawab :)
Baca Juga

Popular Posts

RECENT POST