Pengalaman Lolos Interview Jadi Financial Advisor di AXA Mandiri

logo axa mandiri


Belakangan saya coba mengupdate tulisan di blog ini.Walaupun tidak saya update, sebenarnya jumlah pembaca yang masuk ke blog ini tetap stabil.Dikisaran yah segitu-gitu saja hehe....

Tapi karena tak ingin terlalu mengabaikan blog yang sebenarnya hanya saya buat untuk iseng-iseng, maka sayapun coba menaruh beberapa tulisan lagi pada blog ini.Saya sengaja tak menulis panjang-panjang, sehingga kalau ada yang mau ditanyakan tinggal taruh di kolom komentar..

Jika kalian menerima panggilan kerja sebagai Financial Advisor tapi bingung profesi macam apakah itu, silahkan tonton video saya tapi jangan lupa dilike, komen dan disubscribe juga yaaaa..


Tulisan ini saya buat untuk membantu teman-teman yang kebetulan masih fresh graduate, atau untuk pertama kalinya mendapat panggilan kerja sebagai seorang Financial Advisor di perusahaan asuransi.Dalam hal mungkin AXA Mandiri, AIA, BNI Life dan semacamnya...

Perlu diketahui, ada dua jenis perusahaan asuransi.Pertama perusahaan asuransi yang berdiri sendiri seperti Prudential.Kedua perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank atau milik bank itu sendiri.Yang kedua ini dinamakan bank insurance.

Jadi jualan asuransinya ya di dalam BANK.Itulah gambaran singkat atas pekerjaan yang akan kamu jalanin kalau kamu dipanggil kerja jadi Financial Advisor (FA) di AXA Mandiri.

Pertanyaan yang sering muncul ke saya baik melalui WA, atau pun email karena blog ini adalah,"Bagaimana sih cara lolos tes jadi FA di AXA Mandiri?"

Oke, sbenarnya jika kalian sudah memahami apa pekerjaan seorang FA, akan mudah bagi kalian menalar orang seperti apakah yang dicari perusahaan.

Makanya silahkan tonton video saya atau baca tulisan lain dalam blog ini untuk memahami lebih dulu seluk beluk tugas dan profesi seorang FA.

Kalau kalian sudah paham benar apa itu FA, saya jamin akan mudah bagi kalian untuk mempersiapkan diri dan diterima bekerja.

Untuk itu, saya menganggap kalian sudah tahu apa itu FA, dan berikut adalah tips bagi kalian agar lolos dan berkesempatan untuk training selama satu bulan di Jakarta..

Nanti setelah dipanggil, kalian akan menghadapi tes tertulis..semacam psikotes gitu.Tapi waktu itu psikotesnya kayak cuman formalitas doang, cuman dua puluh soal.Gampang-gampang lagi.

Oleh karena itu saya anggap gak akan ada masalah dengan tes tertulis ini.Yang perlu diperhatikan adalah, kalian harus datang tes serapih mungkin.Perhatikan cara kalian berpakaian.Memang sih nanti di Jakarta akan di grooming lagi, tapi tetap saja first impression itu sangat penting.

Saya anggap kalian sudah lolos tes tertulis, lalu dipanggilan kalian satu persatu untuk wawancara tatap muka.Biasanya yang mewawancara adalah Area Sales Manager (ASM) merekalah yang kelak akan jadi atasan kalian.

Menurut saya bagian ini yang menentukan kalian lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.Karena jika kalian lolos pada tahap ini, sekitar seminggu kemudian kalian kalian akan dihubungi untuk menjalani tes kesehatan.

Waktu itu saya ditanya pengalaman kerja saya, lalu apa yang saya ketahui tentang AXA Mandiri, apa kelebihan saya, disuruh pura-pura menjual suatu barang, lalu jika ditaruh di cabang bagaimana cara saya mendekati orang-orang disana.

Okey saya akan jelasin satu persatu...

Untuk pengalaman kerja kalian jujur saja.Karena yang saya perhatikan, AXA Mandiri tak terlalu perduli apakah calon FA nya itu sudah punya pengalaman kerja atau belum.Malah banyak fresh graduate yang diterima setahu saya.

Yang penting si penanya melihat bahwa kita tahan banting, gak mencla mencle, dan energik saat menjawab pertanyaan.Jadi soal latar belakang pekerjaan tak usah dipusingkan, jawab saja sejujur-jujurnya.

Nah tapi usahakan kalian datang wawancara tidak dengan modal dengkul.Minimal kalian sudah riset dulu tentang AXA Mandiri.Sejarah perusahaannya dan produk apakah yang mereka jual.Ii penting sekali.Karena kalau kalian bisa menjawab artinya kalian memang ada niat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Kalian bisa riset di blog ini, atau cari sendiri di website resminya.Karena perlu saya tekankan, ini bukan blog resmi AXA Mandiri, ini blog pribadi saya..

Untuk nilai lebih kalian boleh pahami suransi secara industri, agar dapat gambaran besarnya ketika muncul pertanyaan yang random yang mungkin belum kalian persiapkan jawabannya.

Waktu itu saya ditanya,"menurut kamu asuransi penting nggak?" Saya hampir saja menjawab tidak penting.Apalagi setelah membaca banyaknya masyarakat yang tertipu oleh tenaga penjual perusahaan asuransi.Hampir saja lidah saya berkata,"tidak penting."

Tapi kalau saya jawab begitu saya pasti gak akan lolos wawancara.Padahal saat itu kondisinya saya memang sangat butuh kerja.Ketika itu saya baru resign dari perusahaan sebelumnya untuk menyelesaikan skripsi saya.

Maka saya jawablah bahwa asuransi itu penting karena kita sebagai manusia tahu kapan resiko kematian dan sakit menghampiri kita.

Nah saat wawancara kamu harus menunjukkan pemikiran mu bahwa asuransi adalah hal yang penting.Karena di negara maju, punya asuransi itu wajib hukumnya.Nah kalian harus sepakat dulu dengan ini, minimal untuk sementara pura-pura sepakat, karena kalian kan akan digodok menjadi penjual asuransi.

Lalu yang tak kalah penting adalah saat saya ditanya kelebihan saya apa.Nah disinilah pentingnya kalian memahami dulu apa jobdesk seorang Financial Advisor.Kalau sudah paham kalian tinggal menyesuaikan kelebihan kalian dengan jabatan yang kalian lamar.

Kelebihan apa sih yang dibutuhkan seorang FA yang notabene adalah tenaga penjual asuransi?

Waktu itu saya menjawab,"Saya senang bertemu orang-orang, percaya diri, tenang, dan menyukai dunia marketing."

Padahal mah aslinya saya benci banget dunia ini hahahhaa....Tapi saya tahu kalau mau lolos, saya harus bersandiwara sedikit.

Jadi kelebihan yang kalian ungkapkan harus mendukung jabatan kalian kelak.Kalau kalian bilang kelebihan kalian adalah jago coding, mahir photoshop, yahh kan gak nyambung.

Mau sehebat apapun kalian dalam hal programmer dan mengedit foto, kalian gak akan lolos jadi FA.Karena yang dicari adalah tenaga penjual, orang yang aktif dan gak pemalu, bukan sosok introvert yang misterius yang betah di depan komputer berjam-jam.

Jadi sudah jelas ya..nah saat disuruh mencontohkan menjual sesuatu, pulpen di atas meja misalnya, yasudah pede saja, praktekkanlan teknik menjual layaknya tenaga penjual..

Ngomongnya lancar, jangan lebay juga, tapi ramah, senyum, dan tawarkan keunggulan pulpen yang mau kalian jual.

Pertanyaan terakhir saya ditanya bagaimana cara berhubungan dengan orang dicabang pas nanti ditempatkan.

Jujur saya bingung saat mendapat pertanyaan ini.Saya sampai harus tanya apa maksud pertanyaan tersebut.Ouh sekarang saya paham, ternyata maksudnya begini.

AXA Mandiri kan anak perusahaan bank Mandiri.Saat kalian lolos jadi FA, kalian akan ditempatkan disetiap cabang bank Mandiri.Nah maksud dari pertanyaan itu adalah, bagaimana cara kalian berhubungan dengan orang-orang di cabang, dengan teller, Costumer Service, hingga kepala cabang.

Bagaimana cara kalian membicarakan target dengan orang-orang di cabang, dan bagaimana cara kalian bersikap jika ada masalah yang muncul di cabang.Begitulah maksudnya.

Nah waktu itu, karena belum terlalu paham, saya jawab saya akan rutin berkordinasi dengan tiap orang dicabang.

Jadi begitulah sedikit banyak kisah saya saat lolos tes jadi FA di AXA Mandiri...

Semoga membantu kalian yang dapat panggilan jadi FA ya...entah di AXA Mandiri atau di perusahaan asuransi lainnya...
Baca Juga

Comments

Popular Posts

RECENT POST