Pertanyaan Interview Jadi Financial Advisor di AXA Mandiri




Hallo teman-teman bloggers dan kamu yang saat ini sedang mencari informasi tentang AXA Mandiri, terimakasih sudah mampir di blog saya.Tulisan ini saya bikin untuk membantu teman-teman menemukan informasi yang tepat dan relevan.Karena saya menemukan cukup banyak informasi tentang AXA Mandiri, tapi ditulis sudah cukup lama sehingga tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini.Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.Jangan lupa juga support blog ini dan subscribe Channel youtube saya ya, agar saya semakin semangat menulis dan membuat video.

Nah pada artikel kali ini saya ingin memberi tahu apa saja pertanyaan saat saya mengikuti tes seleksi financial advisor di AXA Mandiri.Kalau kalian malas membaca artikel ini, kalian boleh tonton videonya di bawah.Jangan lupa disubscribe ya :)



Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel dan video sebelumnya, financial advisor di AXA Mandiri itu intinya adalah tenaga penjual asuransi.Maka jawaban yang kalian berikan pun harus mencerminkan bahwa kepribadian kalian meyakinkan untuk jadi tenaga penjual asuransi yang handal.Ada begitu banyak pelamar kerja yang tidak memperhatikan posisi apa yang dilamarnya saat sesi wawancara.Akhirnya banyak yang gugur dan tak lolos ke seleksi selanjutnya.

Begitu juga yang saya alami.Saat itu seingat saya ada banyak pelamar datang, tapi seingat saya yang berangkat ke Jakarta ketika itu hanya sepuluhan orang saja.Dan akhirnya mereka semua sekarang jadi teman baik saya.Untuk di Jakarta yang mewawancara mungkin langsung HRD nya.Tapi di daerah-daerah yang mewawancara adalah Area Sales Managernya (ASM).Itulah yang saya dan teman-teman dari Bandung alami.

Tes masuk sebagai financial advisor AXA Mandiri sendiri tidak rumit, tidak ada psikotes yang ngejelimet.Waktu itu kami hanya disuruh mengisi pertanyaan sekitar 10 soal tidak penting.Habis itu langsung wawancara,Sesi wawancara inilah yang menentukan apakah kami lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.Singkat cerita saat itu tibalah giliran saya untuk diwawancarai.

Kondisinya saat itu saya sedang membutuhkan sebuah pekerjaan.Sebab saya baru saja resign dari perusahaan sebelumnya karena skripsi.Saya sadar bahwa jawaban saya harus mendukung jabatan yang saya lamar.Pertanyaan pertama adalah, apa yang saya tahu tentang AXA Mandiri? Sebelumnya saya sudah membaca webnya sehingga tidak kesulitan menjawab pertanyaan ini.Saran saya, sebelum kalian dites, baca-bacalah dulu informasi tentang AXA Mandiri.Karena itu mencerminkan bahwa kalian sungguh-sungguh ingin bekerja serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Pertanyaan kedua adalah apa yang akan saya lakukan saat nanti ditempatkan di cabang? Waktu itu saya tidak ngeh maksudnya apa.Makanya saya sampai nanya balik maksud si bapak pewawancara apa.Ternyata maksudnya adalah apa yang akan saya lakukan jika nanti ditempatkan sebagai tenaga penjual di salah satu cabang bank Mandiri.Misalnya kepala cabangnya tidak support atau cuek terhadap penjualan AXA Mandiri, apa yang akan saya lakukan?

Saya informasikan dulu, kenapa bapak itu bertanya demikian.Karena produk bank Mandiri itu banyak, ada kredit, KPR, dana dll.Apalagi AXA Mandiri hanyalah anak perusahaan, menjual asuransi, dan bukan produk inti bank.Seperti kita tahu bank sejatinya adalah sebuah lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat untuk kembali disalurkan ke masyarakat.Makanya tantangannya adalah bagaimana agar bank mandiri juga mau menjual asuransi.Tapi tenang saja, secara makro, itu urusan para petinggi AXA Mandiri dan bank Mandiri.Tapi bagaimanapun support dari atas, kalau di cabang kita tidak pintar membangun relasi dengan kawan-kawan di cabang maka kita tidak akan sukses dalam berjualan.

Support itu maksudnya apa sih? Maksudnya dalam hal memberikan data dan referal nasabah.Kan gak mungkin kita bisa bekerja sendiri.Harus ada dukungan dari teman-teman teller, Csr hingga kepala cabangnya. Jadi ketika itu saya menjawab kalau saya akan berkordinasi dengan semua kawan-kawan di cabang, menyampaikan target hingga kendala-kendala yang dihadapi dalam menjual produk AXA Mandiri.Dengan begitu maka saya akan dinilai sebagai orang yang aktif dan punya inisiatif tinggi.


Pertanyaan ketiga, apa yang jadi kelebihan kamu? Inilah yang saya maksud diawal.Kita ini ingin melamar sebagai seorang marketing, maka tonjolkanlah karakter yang meyakinkan sipewawancara bahwa kita ini cocok sebagai seorang penjual.Maka saat itu saya menjawab kalau saya orangnya percaya diri tenang dan suka menghadapi orang baru.Padahal kenyataannya saya pemalu dan malas menghadapi orang lain haha..nah itulah sangkin butuh kerja.Tapi nangkep ya maksud saya.Si pewawancara ingin memastikan apakah kita cocok jadi tenaga penjual di perusahaannya.Pilihlah jawaban yang mendukung jabatan yang kamu lamar.Pura-pura dikit gak apa-apalah.

Dan pertanyaan keempat atau yang terakhir adalah, menurut kamu asuransi itu penting gak? Saya mikir, kalau saya jawab gak penting, apa iya, saya yang adalah calon tenaga penjual asuransi memperlihatkan bahwa saya merasa asuransi gak penting dan anti terhadap asuransi.Waktu itu karena masih awam saya sedih juga membaca banyak informasi bagaimana asuransi dijadikan lahan untuk menipu banyak nasabah.Tapi saya kesampingkan dulu idealisme saya.Maka saya jawab kalau asuransi itu penting, bahkan di negara maju setiap orang wajib memiliki asuransi.Setelah tes tersebut saya pulang dan seminggu kemudian saya dipanggil untuk tes kesehatan dan akhirnya sayapun lolos sebagai seorang financial advisor di AXA Mandiri.Begitulah sedikit banyak cerita saya, semoga berguna untuk kalian yang sudah mampir ke blog saya ini..

Baca Juga

Comments

Popular Posts

RECENT POST